Daftar Isi:
  • ABSTRAKPopi Anggi Swetika, 210111100102, 2012. Jurusan Ilmu HubunganMasyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. HubunganAntara Kredibilitas Staff Humas Kemnakertrans RI dengan SikapWartawan terhadap Informasi Lembaga: dengan subjudul Studi korelasionalmengenai Press Conference di Humas Kementerian Tenaga Kerja danTransmigrasi Republik Indonesia. Pembimbing utama Drs. H.Wawan Setiawan,M.I.Kom dan pembimbing pendamping Dr. Evi Novianti, S.Sos., M.Si.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubunganantara kredibilitas staff humas Kemnakertrans RI dengan aspek kognitif, afektif,dan konatif wartawan terhadap informasi lembaga. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode penelitian korelasional dengan korelasi Rank Spearmansebagai teknik analisis data. Sedangkan untuk menunjang dalam penelitian inidiperoleh melalui hasil penyebaran angket, observasi, wawancara dan studikepustakaan. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel yaituacak sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang yang terdiri dariwartawan yang ada di Kemnakertrans RI. Hasil menunjukan bahwa hipotesisditerima. Kredibilitas staff humas Kemnakertrans memiliki hubungan yang kuatdengan aspek kognitif, afektif dan konatif wartawan terhadap informasi lembaga.Kesimpulan penelitian ini menunjukan kredibilitas staff humas memilikihubungan yang kuat dengan kepercayaan wartawan terhadap informasi lembaga.Keahlian staff humas memiliki hubungan yang cukup kuat dengan perasaan sukawartawan terhadap informasi lembaga. Atraksi staff humas memiliki hubunganyang cukup kuat dengan dukungan wartawan terhadap informasi lembaga.Kekuasaan staff humas memiliki hubungan yang cukup kuat dengan dukunganwartawan terhadap informasi lembaga. Saran dalam penelitian ini yaitu, pertama sebaiknya kemampuan, pengalaman, dan keterampilan staff humas sebagai komunikator dalam pressconference agar ditingkatkan dan disesuaikan dengan image lembaga. Kedua, staffhumas sebagai komunikator dalam press conference harus menjunjung tinggikejujuran dalam setiap memberikan informasi yang berkaitan dengan lembaga.Ketiga, staff humas sebagai komunikator dalam press conference dalammenanggapi pertanyaan maupun menyelesaikan komplain perlu ditingkatkan lagi,untuk menghindari hal-hal yang berdampak negatif terhadap image lembaga, gunamemuaskan wartawan, sehingga tingkat kepercayaan terhadap lembaga semakintinggi. ABSTRACTPopi Anggi Swetika, 210111100102, 2012. Public Relations of the Facultyof Communication Sciences, University of Padjadjaran. The Relationship Betweenthe Credibility of Public Relations Staff Kemnakertrans RI with the AttitudeJournalists to Information Institutions: a correlational study with the subtitle onPress Conference in Public Relations Ministry of Manpower and Transmigrationof the Republic of Indonesia. Main mentors Drs. H.Wawan Setiawan, M.I.Komcompanion and mentor. Dr. Evi Novianti, S.Sos., M.Si. This study aimed to determine whether there is a relationship between the credibility of the public relations staff Kemnakertrans RI with cognitive, affective, and conative journalists to information institutions. The research method used is correlational research method with Spearman Rank correlation as data analysis techniques. As for the support in this study were obtained through the results of the deployment questionnaires, observation, interviews and literature study. This study used a random samplingtechnique is simple. The sample in this study are 32 people consisting ofjournalists in Kemnakertrans RI. The results showed that the hypothesis wasaccepted. Credibility Kemnakertrans PR staff have a strong relationship with thecognitive, affective and conative journalists to information institutions.Conclusion This study shows the credibility of public relations staff havestrong relationships with trust journalists to information institutions. Expertise PRstaff have a strong enough relationship with feeling like journalists to informationinstitutions. Things PR staff have a strong enough relationship with the support ofjournalists to information institutions. The power of public relations staff have astrong enough relationship with the support of journalists to informationinstitutions. Suggestions in this study is, first should be the ability, experience, andskills as a communicator of public relations staff in the press conference to beimproved and adapted to the image agencies. Second, the public relations staff asa communicator in the press conference should uphold honesty in any informationrelating to institutions. Third, public relations staff as communicators in a pressconference in response to a question or resolve a complaint needs to be increasedagain, to avoid things that negatively impact image institutions, in order to satisfythe journalists, so the level of confidence in the higher institutions.