Daftar Isi:
  • ABSTRAK Norman Archie, 210110080096, Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Kampus Bandung. Judul Skripsi : Hubungan Penggunaan Website www.ardangroup.fm dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi . Dengan H. Iriana Bakti, Drs., M.Si selaku pembimbing utama dan Dr. Yanti Setianti, M.Si selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas, isi materi, dan hubungan media dengan individu website www.ardangroup.fm dengan kepuasan, dependensi, dan pengetahuan informasi insan muda. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas online website www.ardangroup.fm yang berjumlah 469 orang. Dengan menggunakan teknik simple random sampling (sampling acak sederhana), maka didapat sampel pada penelitian ini sebanyak 59 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dengan teknik korelasi uji statistic Rank Spearman (rs) dan analisis data inferensial. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara dan studi pustaka sebagai referensi bagi penelitian ini. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat dan signifikan antara penggunaan website www.ardangroup.fm dengan pemenuhan kebutuhan informasi insan muda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan website www.ardangroup.fm yang meliputi intensitas penggunaan, isi informasi dan hubungan individu dengan isi media memiliki hubungan yang erat dengan pemenuhan kebutuhan informasi insan muda yang meliputi kepuasan informasi, dependensi informasi, dan pengetahuan informasi insan muda.Saran yang dapat diberikan adalah Penyampaian informasi di dalam website dibuat menjadi lebih menarik dan inovatif agar intensitas penggunaan insan muda lebih meningkat, Jenis isi materi lebih dilengkapi seperti diperbanyak foto – foto dokumentasi kegiatan, dan disertakan sumber yang dipercaya dan jelas, selalu menampilkan informasi – informasi yang up to date serta memberikan kemudahan dalam menggunakan konten website sehingga insan muda lebih mudah mengakses dan memenuhi kebutuhan mengenai informasi yang tersedia di dalam www.ardangroup.fm. ABSTRACT Norman Archie, 210110080096, Majoring of Public Relations, Faculty of Communication Sciences Padjadjaran University Bandung. The title of research : The Corellation between The Use of www.ardangroup.fm Website with The Fullfilment of Information Needs of Insan Muda. With Iriana Bakti, Drs., M.Si as the main counselor and Dr. Yanti Setyanti, M.Si. as the supporting counselor. The aim of the research was to know the correlation between the use of www.ardangroup.fm website with the fullfilment of information needs of Insan Muda. The population of the research was the members of Insan Muda consisting of 469 peoples. By using a simple random sampling, there were taken 59 peoples for the samples. The method used in this research was correlative method with the correlative technique of Rank Spearman statistical try-out and inferential analysis. The data collecting technique carried out by giving questionnaires, interviews and literature study from books as references for the research. The result of correlative calculation had showed that the correlation between the use of www.ardangroup.fm website with the fullfilment of information needs of insan muda members was strong and significant. The result above also supported by the correlative calculation which showed that the correlation between the using intensity of www.ardangroup.fm website with the fullfilment of information needs of Insan Muda was fair, the correlation between the content of information consumed with the fullfilment of information needs of Insan Muda was very strong and the correlation between the individual relationship with media contents with the fullfilment of information needs of Insan Muda was strong. The conclusion of the research was that the use of www.ardangroup.fm website that consist of the intensity of using, content of information consumed and individual relationship with media contents had significant correlation by fullfiling satisfaction information, dependency information, and information knowledge of Insan Muda.