Hubungan Antara Pencarian Informasi di Petersaysdenim.com Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi oleh Anggota Members Petersaysdenim
Daftar Isi:
- ABSTRAK Markus Hasiholan Simarmata, 210110080101Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi. Penelitian ini berjudul "Hubungan Antara Pencarian Informasi di Petersaysdenim.com Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi oleh Anggota Members Petersaysdenim". Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Yanti Setianti, M.Si sebagai pembimbing utama dan Diah Fatma Sjoraida, S.E, M.Si, sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pencarian informasi di petersaysdenim.com yang dilakukan oleh anggota members PSD dengan pemenuhan kebutuhan informasi tentang Petersaysdenim. Metode yang digunakan adalah korelasional, melalui uji hipotesis Koefisien Korelasi Rank Spearman dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 81 responden yang terpilih melalui sampling acak sederhana. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teori Information Seeking Theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara pencarian Informasi di petersaysdenim.com dengan pemenuhan kebutuhan informasi oleh anggota members peterSaysDenim memiliki hubungan yang cukup dengan koefisien korelasi sebesar 0,560. Berdasarkan data dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa variabel pencarian informasi dapat dihubungkan dengan pemenuhan kebutuhan informasi dan memberikan hasil yang signifikan. Hasil penelitian lainnya menunjukan hubungan antara sub variabel informasi dengan sub variabel kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, kebutuhan pelepasan memilki hubungan yang masing – masing cukup,Saran yang diberikan terhadap penelitian ini bahwa walaupun ada hubungan antara pencarian informasi dengan lima pemenuhan kebutuhan informasi, tapi hubungan koefisien korelasinya masih cukup. Sebaiknya informasi yang ditampilkan di petersaysdenim.com terus lebih baik lagi mengikuti keinginan dan kebutuhan members ataupun konsumen non members pada umumnya. ABSTRACT Markus Hasiholan Simarmata, 210110080101, Public Relations Department, Faculty of Communication Science. The title of this research is "The Correlation Between Information Seeking of Petersaysdenim.com with the needs for information of PSD members" with Dr. Yanti Setianti, M.Si as primary counselor and Diah Fatma Sjoraida, S.E, M.Si as secondary counselor. The purpose of this research is to find out the correlation between information seeking at petersaysdenim.com who did by PSD members with the needs for information about Petersaysdenim. The author uses correlation method through hypothesis testing of Rank Spearman Koeffsien with descriptive and inferential analysis techniques from 81 respondents selected through simple random sampling. The data for this research are collected through the deployment of questionnaires, interviews, observation and literature study. This research uses the Theory of Information Seeking Theory. The results of this research show that there issignificant correlation between information seeking at petersaysdenim.com with the needs for information of Petersaysdenim members with correlation coeffisien 0,560. According to the result it can be concluded that variabel of informations seeking can be connectedwith needs for information and give a sufficient result. The other result show that correlation between sub variabel of information seeking with sub variabel of cogntif, afektif, personal integrative, social integrative, escapist needs have a significant correlation and sufficient result. Advice given to this study that although there is a relationship between information seeking with five information needs, but the relationship is still quite correlation coefficient. Information should displayed on petersaysdenim.com better kept follow the desires and needs of the consumer members or non members at large.