Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program customer relationship management di Toserba X Ujung Berung Bandung, untuk mengetahui tingkat Loyalitas Pelanggan di Toserba X Ujung Berung Bandung, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program customer relationship management terhadap Loyalitas Pelanggan di Toserba X Ujung Berung Bandung.Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian survey dengan variabel yang terlibat adalah variabel program customer relationshipmanagement dan loyalitas pelanggan. Teknik pengambilan sampling dilakukan dengan insidental dimana beberapa pelanggan yang dianggap mewakili dijadikan sebagai responden. Metode analisis data yang digunakan penulis untuk membuktikan hipotesis adalah analisis korelasi pearson, analisis koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana dan uji statistik t.Hasil dari penelitian ini diketahui terdapat pengaruh program customer relationship management terhadap Loyalitas Pelanggan di Toserba X Ujung Berung Bandung. Program customer relationship management mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 57,5%, sedangkan sisanya sebesar 42,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati.Kata Kunci : Program Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan