Daftar Isi:
  • ABSTRAKGandyar Afriandi, KXO050678, 2012. Jurusan Manajemen komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran, Bandung. Iklim KomunikasiPada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung. StudiDeskriptif mengenai Iklim Komunikasi Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu(BPPT) Kota Bandung. Dr. Asep Suryana, M.Si, selaku pembimbing utama danTeddy Kurnia Wirakusumah, Drs., M.I.Kom. selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kepercayaan, aspekpembuatan keputusan bersama, aspek kejujuran, aspek keterbukaan dalamkomunikasi ke bawah, aspek mendengarkan dalam komunikasi keatas, dan aspekperhatian pada tujuan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) KotaBandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalampenelitian ini adalah 84 orang dan sampel yang digunakan adalah 84 orang.Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket,telaah kepustakaan dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara teknikanalisis statistik deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa iklim komunikasi yang dilihatdari aspek kepercayaan, aspek pembuatan keputusan bersama, aspek kejujuran,aspek keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, aspek mendengarkan dalamkomunikasi keatas, dan aspek perhatian pada tujuan di Badan Pelayanan PerizinanTerpadu Kota Bandung berjalan cukup baik. ABSTRACT Gandyar Afriandi, KXO050678, 2012. Communication ManagementDepartment, Faculty of Communication, University of Padjadjaran, Bandung.Communication Climate In Integrated Licensing Services Agency of Bandung city.Descriptive study of about Communication Climate In Integrated LicensingServices Agency of Bandung city. Acting as main supervisor is Dr. Asep Suryana,M.Si. as the main supervisor and Teddy Kurnia Wirakusumah, Drs., M.I.Kom. assecondary supervisor. This study aims to determine the aspects of trust, shared decision-makingaspects, aspects of honesty, openness in communication aspects down, listen tothe communication aspects of the above, and aspects of attention to the objectivesin Integrated Licensing Services Agency of Bandung city. The method used is descriptive method. Population in this research are 84 people and sample used in this research are 84 people.. The technique of collecting data used in this study are questionnaire, interview, and literature study. Main approach from this research is quantitative approach with dataanalyses descriptive. The conclusion of this study is that the climate communication for aspectof trust, shared decision-making aspects, aspects of honesty, openness incommunication down aspects, listen to the communication of the above aspects,and aspects of attention to the objectives at Integrated Licensing Services Agencyof Bandung city is works quite good enough.