Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari keadaankecerdasan emosional pada karyawan Divisi Tempa dan Cor PT. PINDAD (Persero) Bandung, Prestasi Kerja Karyawan pada Divisi Tempa dan Cor PT. PINDAD (Persero) Bandung, dan pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi kerja karyawan pada Divisi Tempa dan Cor PT. PINDAD (Persero) Bandung.Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode tersebut digunakan untuk memberikan deskripsi mengenai kecerdasan emosional dan prestasi kerja karyawan, serta untuk mengukur terdapat atau tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi kerja karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ya itu wawancarr tidak terstruktur, penyebaran kuesioner dan observasi non partisipan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, artinya adalah pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Penarikan sampel sebanyak 72 orang dengan populasi 254 karyawan. Intstrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada 72 karyawan pada Divisi Tempa dan Cor PT. PINDAD (Persero) Bandung. Jawaban responden kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson, analisis regresi linier sederhana dan analisis koefisien determinasi.Hasil analisi menunjukan bahwa kecerdasan emosional terhadap prestasi kerja karyawan memiliki hubungan dengan keeratan hubungan sebesar 0,803 dan kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi kerja karyawan sebesar 64,48%. 35,52% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh terhadap prestasi kerja karyawan, oleh karena itu karyawan perlu memperhatikan kecerdasan emosional dalam diri demi tercapainya prestasi kerja karyawan Divisi Tempa dan Cor PT. PINDAD (Persero) BandungKata kunci : Kecerdasan Emosional, Prestasi Kerja Karyawan, Divisi Tempa danCor PT. PINDAD (Persero) Bandung.