Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh celebrity endorser Ade Rai terhadap keputusan pembelian konsumen Esia pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran, Bandung.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara dan kuesioner yang disebar kepada 90 responden dengan menggunkan tehnik probability sampling dengan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan Skala Likert, MSI (Method Of Successive Interval), rumus Koefisien Kolerasi Pearson, Statistik thit, dan Koefisien Determinasi.Hasil penelitian menunjukan, bahwa Kolerasi Pearson dengan hasil sebesar 0,619 menunjukkan adanya hubungan yang cukup kuat antara celebrity endorser Ade Rai terhadap keputusan pembelian konsumen Esia pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Statistik Uji thit menghasilkan kesimpulan bahwa, terdapat pengaruh antara celebrity endorser Ade Rai terhadap keputusan pembelian konsumen Esia pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Jatinangor. Perhitungan Koefisien Determinasi menghasilkan nilai sebesar 0,383 artinya bahwa sebesar 38,3% perubahan-perubahan yang terjadi pada keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh celebrity endorser. Sedangkan sisanya sebesar 61,7% dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh celebrity endorser Ade Rai terhadap keputusan pembelian konsumen Esia pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Saran yang diberikan kepada PT Bakrie Telecom, yaitu untuk melakukan survei dan pengamatan terlebih dahulu dalam pemilihan celebrity endorser untuk mengendorser suatu produk sehingga endorser sesuai dengan karakteristik-karakteristik produk. Karakteristik tersebut meliputi visibility, credibility, attractiveness dan power, memperbaiki dan merancang strategi promosi baru, meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan karyawan dan memberi informasi mengenai event sebelum pelaksanaanya.