Daftar Isi:
  • ABSTRAKAina Maryama Isnaini 210110080330, Jurusan Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian ini adalah Pemanfaatan Media Sosial Twitter Sebagai Strategi Komunikasi Corporate Communication PT. XL Axiata, Tbk. Central Region. Pembimbing I Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si. Pembimbing II Kokom Komariah, Dra., M.Si. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui alasan, proses serta dampak dari pemanfaatan media sosial Twitter sebagai strategi komunikasi Corporate Communication PT. XL Axiata, Tbk. Central Region. Metode yang digunakan dalam penelititan menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Communication PT. XL Axiata, Tbk. Central Region memanfaatkan Twitter sebagai salah satu kegiatan dalam strategi komunikasi dengan publiknya dengan alasan realita perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini. Proses pemanfaatan Twitter sebagai strategi komunikasi melalui tahapan Fact finding, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian. Dampak yang diperoleh dari pemanfaatan Twitter sebagai strategi komunikasi adalah Brand Awareness yang cepat pada publik, dan citra perusahaan yang positif pada publik. Simpulan penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial Twitter oleh Corporate Communication Central Region telah dilaksanakan dengan baik, hal ini terlihat dari proses pemanfaatan yang dilakukan Corporate Communication Central Region yang melalui tahapan-tahapan, seperti fact finding, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian yang dilaksanakan dengan baik dan rutin. Pemilihan media sosial Twitter sebagai strategi komunikasi Corporate Communication Central Region juga sudah tepat, hal ini sesuai dengan fokus XL yaitu Be Number One in Data, sehingga pemilihan media sosial Twitter sudah tepat untuk menjadikan XL sebagai perusahaan jasa telekomunikasi yang berfokus pada pelayanan data.ABSTRACTAina Maryama Isnaini 210110080330. Majoring Public Relations of Communication Science Faculty of Padjadjaran University. The research entitled The Utilization of Social Media Twitter as Communication Strategy in Corporate Communication PT. XL Axiata, Tbk. Central Region. This research was under the tutor of Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si. as the first mentor and Kokom Komariah, Dra., M.Si. as the second mentor. The research was aimed to understand about the reason, the process and the impact by utilizing of Social Media Twitter as Communication Strategy in Corporate Communication PT. XL Axiata, Tbk. Central Region. The method used in this research was the descriptive method with a qualitative data by positivism perspective. Data collection method used was deep interviews, observation and bibliography. The result of this research indicates that, Corporate Communication PT. XL Axiata, Tbk. Central Region utilizing a Twitter as one of communication strategy activity with their public, because now a days the reality of technological communication and information was growing. Process utilization of Twitter as a communication strategy through the stages of Fact finding, implementation, and evaluating. The impact of the utilization of Twitter as a communication strategy is a positive public response, brand awareness, and a poitive corporate image the public. The conclusion of this research was the used of social media Twitter by Corporate Communications Central Region that has been implemented, it was seen from the utilization of a Central Region Corporate Communication made through this stages, such as : fact finding, planning, implemntation, and evaluation conducted by properly and routinely. The selection of Twitter as a social media communications strategy Corporate Communications Central Region also appropriate, in accordance with the focus of this XL is Be Number One in Data, so the selection of social media Twitter are approviate to make XL as the telecommunication services company focused on serving the data.