Pemilihan Alternatif Strategi Pemasaran Kopi Arabika Manglayang (Studi Kasus pada Perusahaan Kiwari Farmers, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat)
Main Author: | Putra, Bayu Prawiro Utomo |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/11809 |
Daftar Isi:
- Perkebunan rakyat Provinsi Jawa Barat menyumbangkan 57% produksi kopi arabika pada Pulau Jawa dengan jumlah 10.381 ton. Kabupaten Bandung merupakan produsen kopi arabika terbanyak untuk Provinsi Jawa Barat dengan jumlah produksi sebanyak 6.872 ton. Kiwari Farmers merupakan salah satu pelaku bisnis kopi di Bandung, yang melakukan seluruh proses produksi kopi dari biji hingga menjadi secangkir kopi. Kiwari Farmers membutuhkan prioritas alternatif strategi pemasaran yang tepat dengan mempertimbangkan lingkungan internal dan eksternal berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman produk kopi arabika manglayang untuk dapat memperbaiki fluktuasi penjualannya. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan Analytic Network Process (ANP) dan Technique for Order Preference by Similarity to an Ideal Solution (TOPSIS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prioritas alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Kiwari Farmers untuk meningkatkan penjualan kopi arabika manglayang karlina adalah dengan merekrut tenaga ahli marketing untuk memperluas pemasaran produk, dengan hasil bobot 0,6639 berdasarkan analisis TOPSIS.