Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan Kartu GSM Prabayar Simpati Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Models (PLS SEM)

Main Author: Salsabila, Alysha Putri
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/11794
Daftar Isi:
  • Industri telekomunikasi merupakan salah satu industri yang paling berkembang di Indonesia. Salah satu operator telekomunikasi yang terkenal yaitu Telkomsel, dengan salah satu produknya simPATI selalu berupaya memberikan layanan terbaik untuk menjaga loyalitas pelanggan. Keberhasilan perusahaan yang berujung pada loyalitas pelanggan tentu saja tidak hanya dipengaruhi oleh satu hal saja. Pihak operator harus mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi loyalitas tersebut, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi loyalitas tersebut serta besar pengaruhnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan ukuran sampel sejumlah lima kali dari jumlah indikator yang digunakan (15 indikator), yaitu 75 sampel dari Mahasiswa Program Studi S-1 Matematika FMIPA Unpad Pengguna Kartu simPATI. Karena data terdindikasi lateral collinearity dan adanya keterbatasan jumlah data yang diperoleh, metode yang digunakan adalah Partial Least Square Structural Equation Models (PLS SEM). Hasil penelitian memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,544 dan 0,229. Sementara itu variabel loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh citra merek dan kepuasan pelanggan sebesar 0,254 dan 0,548. Hubungan dari loyalitas pelanggan ke rekomendasi produk tidak mengalami lateral collinearity dan memiliki pengaruh sebesar 0,570.