Daftar Isi:
  • Abstrak Anggie Adhitya Utama, 210110070270, 2012. Representasi Budaya KorupsiDalam Iklan Rokok Djarum 76 Versi Korupsi Pungutan Liar Dan Sogokan DiMedia Televisi : Studi Semiotika Mengenai Representasi Budaya Korupsi DalamIklan Rokok Djarum 76 Versi Korups Pungli Dan Sogokan Di Media Televisi.Pembimbing Utama Dudy Zein, Drs.,M.Si. Serta Pembimbing Pendamping TeddyKurnia Wirakusumah, Drs.,M.I.Kom. Fakultas Ilmu Komunikasi UniversitasPadjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Budaya KorupsiDirepresentasikan Dalam Iklan Rokok Djarum 76 Versi Korupsi, Pungli &Sogokan Di Televisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif,dengan pendekatan studi semiotika dari Roland Barthes. Dalam pengumpulandata, penelitian ini menggunakan teknik Studi Pustaka dan observasi secaramendalam terhadap iklan yang menjadi objek penelitian ini. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat scene-scene penting yang mewakili keseluruhan scene, dimana di dalamnya terdapat tanda tanda yang penting, yakni isyarat tangan dari tokoh dalam iklan ini, tokoh dalam iklan ini, ekspresi wajah dari tokoh dalam iklan ini, dan Sosok Jin dalam iklan ini. Terdpat makna konotasi, yaitu uang pelicin dianggap lumrah dalam sebuah birokrasi dan dilakukan tanpa rasa malu, pelaku korupsi identik dengan pegawai negeri, masyarakat sudah sangat kesal terhadap korupsi namun tak dapat berbuat apa-apa, masyarakat tidak lagi percaya terhadap pihak berwenang untukmenghapus korupsi, korupsi sangat sulit untuk dihilangkan. Terdapat tiga mitosdalam iklan ini, dan analisis mitos yang telah dilakukan, yaitu korupsi umumnyadilakukan oleh pejabat, korupsi sudah menjadi budaya di negeri kita, instansipemberantasan korupsi belum bekerja maksimal. Peneliti juga menemukanideologi yang muncul pada iklan ini yaitu ideologi konsumerisme dan kapitalis. Abstract Anggie Adhitya Utama, 210110070270, 2012. Cultural Representations of Corruption in Djarum Cigarettes Ads Version 76 Wild And Corruption Charges In Bribe Television Media Studies Cultural Semiotics Representations Regarding Corruption In Version Djarum 76 Cigarettes Ads Korups extortion and bribes In Media Television. Main Counselor Dudy Zein, Drs.,M.Si. Vice Counselor Teddy Kurnia Wirakusumah, Drs.,M.I.Kom . Faculty of Communication University of Padjadjaran. This research aims to find out How Corruption Culture Represented in Djarum 76 Cigarettes Ads Version Corruption, extortion and bribes on television. This research uses qualitative research methods, the approach to the study of semiotics of Roland Barthes. In data collection, study using library and study techniques in depth observation of the ads that the object of this research. Conclusions obtained from this study is that there are important scenes that represent the entire scene, from where there are signs that important, the hand gestures of the characters in this ad, the characters in this ad, the facial expressions of the characters in this ad, and Jin figures in this ad. Terdpat meaning of connotation, namely bribes taken for granted in a bureaucracy and without shame, synonymous with the corruption of civil servants, people are very upset about corruption but can not do anything about it, people no longer trust the authorities to remove the corruption, corruption is very difficult to remove. There are three myths in this ad, and analysis of the myths that have been done, that is generally done by official corruption, corruption has become a culture in our country, anti-corruption agencies have not worked up. Researchers also found an ideology that appears on this ad is consumerism and capitalist ideology.