LITERASI INFORMASI DAN MEDIA BAGI SISWA DALAM MENUNJANG PENGERJAAN TUGAS SEKOLAH
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Literasi Informasi danMedia Siswa Untuk Menunjang Pengerjaan Tugas Sekolah melalui Studi SurveiDeskriptif Mengenai Literasi Informasi dan Media Siswa Program RegulerSekolah Menengah Atas Al-Ma soem Dalam Mengerjakan Tugas Bahasa Arab.Inti dari literasi informasi dan media adalah kemampuan seseorang untukmemahami kebutuhan informasi, mencari informasi dari berbagai sumber,menggunakan informasi secara efektif dan efisien serta mengevaluasi penggunaaninformasi tersebut. Kuesioner yang memuat 33 indikator literasi informasi danmedia dari UNESCO telah dibagikan kepada 84 siswa dengan cara randomsampling. Kesimpulan yang didapat berdasarkan survei deskriptif menunjukansebagian besar siswa telah memiliki kemampuan dan memahami kebutuhaninformasi, yakni tugas bahasa Arab. Siswa juga telah mampu dalam menentukan lokasi dan mengakses berbagai sumber informasi, menggunakan dan mensintesisinformasi serta mengevaluasi efektivitas dan efisiensi informasi yang telah merekadapatkan dalam mengerjakan tugas bahasa Arab. Namun demikian dalam halstrategi pencarian infromasi siswa belum menunjukan kemampuan yang tinggi. Kata kunci : Literasi, Informasi, Media, Siswa ABSTRACT The title of this research aims to know Media and Information Literacy ofStudent to Support Finishing School Task with Survey Descriptive StudyConcerned in Media and Information Literacy of Regular Student in Al-Ma soemSenior High School to finish Arabic Task. The core of Media and InformationLiteracy is an ability of someone to how understand what kind of informationneeded, how to get information in kind of media, to use that information ineffective and efficient way and to evaluate utilization that information.Questionnaire that has 33 indicators media and information literacy fromUNESCO was spread out to 84 students with random sampling. A descriptivemethod has shown that most students have ability to understand the informationthey need, in defining Arabic Task. The students also have the ability to decidelocation and access information resources, use information, do synthesis and evaluate effectiveness and efficiency of information which they have gotten tofinish Arabic Task. Except in information-seeking strategies, students haven tshown a good ability. Keyword : Literacy, Information, Media, Student