ANALISIS MODEL PELAYANAN PENGESAHAN STNK (Studi Kasus: SAMSAT Kota Bekasi)
Main Author: | Putra, Adam Primananda |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/11641 |
Daftar Isi:
- Sistem pelayanan publik merupakan sistem yang dilakukan oleh kelompok atau seseorang untuk memberikan bantuan dan kemudahan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, bagi sebuah pelayanan publik antrian merupakan suatu masalah opersional yang memiliki pengaruh besar, salah satu diantaranya SAMSAT Kota Bekasi. Pelayanan pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) sering menimbulkan permasalahan antrian, salah satu penyebab terjadinya antrian pada pelayanan pengesahan STNK di SAMSAT Kota Bekasi adalah banyaknya sistem pelayanan yang terbatas. Penelitian ini membahas model untuk sistem pelayanan pengesahan STNK. Hasil analisis data diperoleh model pelayanan yang optimal pada loket pengambilan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) (M/M/2):(FCFS/∞/∞), loket cek fisik, cek pajak progresif dan pengambilan STNK (M/M/2):(FCFS/∞/∞), serta loket pembayaran pajak mobil dan motor (M/M/2):(FCFS/∞/∞). Pola kedatangan pemohon pada setiap loket berdistribusi Poisson sedangkan pola pelayanan berdistribusi eksponensial dengan pemohon yang datang pertama akan dilayani terlebih dahulu serta jumlah pemohon dalam sistem dan ukuran populasi pada sistem tak terhingga. Public service system is a system that is performed by a group or a person to provide assistance and services in order to achieve certain goals, for a public service queues is an operational issue that has a major influence, one of which SAMSAT Bekasi. Vehicle Registration attestation services often cause problems queue, one of the causes queues at vehicle registration attestation services in SAMSAT Bekasi is a limited number of service systems. This research discussed models for system vehicle registration attestation service. The results of data analysis obtained the optimal service models at the counter making vehicle number (M/M/2): (FCFS / ∞ / ∞), counter physical checks, checks progressive tax and vehicle registration decision (M/M/2): (FCFS / ∞ / ∞), as well as motorcycle and car tax payment counter (M/M/2): (FCFS / ∞ / ∞). The scheme of arrival of applicant at each counter is Poisson distributed meanwhile service scheme is exponentially distributed with applicant who comes first will be served first as well as the number of applicants in the system and the size of the population in the infinite system.