Penanganan Data Hilang Pada Data Survei Dengan Menggunakan Metode Algoritma Expectation Maximization (EM)

Main Author: Aliyya, Naufal
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/10540
Daftar Isi:
  • Persaingan pasar yang semakin ketat secara tidak langsung mempengaruhi suatu perusahaan dalam mempertahankan market share. PT. Telkomsel merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler yang menduduki peringkat teratas untuk market share sehingga sangat penting bagi Telkomsel memonitor penjualan secara rutin yaitu melalui survei. Hilangnya sebagian data mengakibatkan data tersebut tidak bisa digunakan dalam perhitungan market share. Data yang tidak lengkap menyebabkan proses mengambil kesimpulan menjadi lebih sulit karena bias atau tidak valid. Oleh karena itu diperlukan suatu metode untuk menangani data hilang. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi nilai data hilang dengan menggunakan metode Algoritma EM. Metode Algoritma EM merupakan sebuah metode optimisasi iterative yang terbagi atas dua tahapan yaitu tahap ekspektasi dan tahap maksimisasi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data survei penjualan kartu perdana dan voucher isi ulang provider Telkomsel Minggu ke-1 bulan Agustus 2018. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai akhir sampai 4 iterasi dan menunjukkan bahwa nilai prediksinya memiliki akurasi dan presisi yang baik dikarenakan dalam perhitungannya, metode Algoritma EM memperhatikan nilai variabel lainnya.