PEMODELAN ANTRIAN PESAWAT TERBANG DI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA
Main Author: | H, Dinandi Dwi Faza |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/10407 |
Daftar Isi:
- PT. Angkasa Pura II (Persero) saat ini mengelola 13 Bandara di Indonesia, salah satunya Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Berdasarkan laporan statistik PT. Angkasa Pura II (Persero) tahun 2016, Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan Bandara dengan tingkat pergerakan pesawat terbang tertinggi dibandingkan 12 Bandara lainnya yang dikelola PT. Angkasa Pura II (Persero). Pergerakan pesawat terbang yang tinggi ini pada golden time (pagi dan sore) mengakibatkan adanya pesawat terbang yang mengantri untuk lepas landas. Mengamati permasalahan tersebut, dalam penelitian ini akan digunakan teori antrian dengan mempertimbangkan pesawat terbang yang akan mendarat. Dengan elemen-elemen dasarnya adalah pesawat terbang sebagai customer, tower ATC sebagai server dan terdapat antrian pesawat terbang untuk lepas landas. Berdasarkan hasil analisis, model antrian yang terbentuk adalah (M/M/1):(FIFO/∞/∞) untuk golden time (pagi dan sore).