Aplikasi Data Mining dengan Algoritma Bagging CART Pada Database Konsumen Sepeda Motor Honda di Jawa Barat
Main Author: | Maulida, Muhamad Rizki |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/10365 |
Daftar Isi:
- PT. Daya Adicipta Motora sebagai main dealer PT. Astra Honda Motor menangani tiga jenis produk sepeda motor yaitu jenis Sport, CUB, dan Matic di Jawa Barat. Perusahaan ini mencatat konsumen yang membeli produk sepeda motor Honda dalam Customer Database (CDB). Manager Customer Knowledge ingin memanfaatkan database untuk memperoleh berbagai informasi dan pengetahuan mengenai profil karakteristik konsumen berdasarkan jenis motor Honda. Profil karakteristik konsumen pada masing-masing jenis motor dianalisa melalui atribut yang bersifat data kategorikal. Sehingga perlu mengklasifikasikan konsumen sepeda motor Honda dimana variable respon berbentuk kategorik (sepeda motor). Metode klasifikasi yang digunakan dalam penelitian data mining ini adalah metode klasifikasi CART dan menerapkan Bagging CART untuk meningkatkan performansi hasil akurasi pada klasifikasi konsumen motor Honda di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut yang paling dominan dalam pembelian sepeda motor berdasarkan jenis motor Honda di Jawa Barat adalah motor sebelum, pengeluaran, digunakan untuk, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, kategori umur dan pemakai motor. Akurasi dari algoritma CART sebesar 86% dan meningkat menjadi 88% dengan algoritma bagging CART.