Pemodelan Sistem Antrian Penumpang Pesawat di Terminal 1 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta

Main Author: Rohiyat
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/10311
Daftar Isi:
  • PT. Angkasa Pura II (Persero) saat ini mengelola 13 Bandar Udara di Indonesia, salah satunya adalah Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta yang terletak di Cengkareng, Tangerang, Banten. Berdasarkan data yang dimiliki oleh PT. Angkasa Pura II (Persero), bahwa pergerakan penumpang yang terjadi di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta pada tahun 2016 mencapai 58.195.484 penumpang dan merupakan pergerakan penumpang yang paling tinggi di antara 12 Bandar Udara lainnya yang ada di Indonesia. Berdasarkan tingginya pergerakan penumpang tersebut, mengakibatkan penumpukkan penumpang sehingga terjadinya antrian panjang salah satunya ketika penumpang melakukan check in counter. Mengamati permasalahan tersebut, dalam penelitian ini akan menggunakan teori antrian dengan elemen-elemen dasarnya adalah penumpang sebagai customer, loket pelayanan check in sebagai server dan terdapat antrian penumpang pada saat melalukan check in counter. Berdasarkan hasil analisis, model antrian yang terbentuk adalah (M/M/C) : (FIFO/∞/∞). Kata kunci : Antrian, Pemodelan Sistem Antrian, Antrian Penumpang, M/M/C.