Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika

Main Author: Sugiyati, Sugiyati
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) , 2018
Online Access: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1259
https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1259/481
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan teknik analisis varians (ANAVA) dua jalur. Populasi sebanyak 184 siswa, sedangkan sampel 72 siswa. Data dihimpun dengan teknik tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran 3D lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran 2D. (2) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. (3) Pada siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran 3D lebih tinggi dari yang diajar dengan media pembelajaran 2D. (4) Pada siswa yang mempunyai minat belajar rendah, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media 2D lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan media 3D.