Pengaruh Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar Terhadap Pemilihan Peminatan Siswa

Main Authors: Tawaningsih, Tawaningsih, Zakaria, T. Ramli
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) , 2018
Online Access: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1253
https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1253/475
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar terhadap Pilihan Peminatan Siswa. Penelitian menggunakan metode survey kausal, dengan teknik analisis jalur. Populasi sebanyak 750 siswa, sampel berjumlah 238 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh langsung positif Bimbingan Konseling terhadap Pilihan Peminatan. 2) terdapat pengaruh langsung positif Motivasi Belajar terhadap Pilihan Peminatan. 3) terdapat pengaruh positif Bimbingan Konseling terhadap Motivasi Belajar. Implikasinya, Pilihan Peminatan Siswa dapat dicapai secara optimal dengan cara meningkatkan Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar.