VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA KELAS VII SMPN 38PADANG

Main Authors: Teni Suriani, Dewi Devita
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Ekasakti , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/EEJ/article/view/182
https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/EEJ/article/view/182/177
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan dan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang valid. Pembelajaran dengan LKPD yang berbasis model pembelajaran Discovery Learning ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP N 38 Padang. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran dan menjadi salah satu model yang dapat dikembangkan dalam proses belajarmengajar. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan development research tipe formative evaluation menurut pandangan Tessmer. Model pengembangan ini terdiri dari (1) self evaluation, meliputi analisis dan desain LKPD (2) expert review and one-to-onemeliputi uji pakar dan revisi. Validasi bahan ajar dilakukan oleh dua orang validator ahli dalam bidang pendidikan matematika dan satu orang validator ahli dalam bahasa. Hasil validitas penelitian pengembangan LKPD dengan model discovery learningditinjau dari aspek penyajian didaktik diperoleh rata-rata 3,25 dengan kategori sangat valid, aspek penyajian isi dengan rata-rata 3,33 dengan kategori sangat valid, aspek penyajian bahasa3,17 dengan kategori valid dan aspek penyajian 3,17 dengan kategori valid. Sehingga dapat disimpulkan penelitian ini layak digunakan pada tahap selanjutnya.