MODEL “ROKET PELUNCUR” UNTUK MEWUJUDKAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN YANG BERBASIS LIFE SKILL DAN MANDIRI

Main Author: murti, nugroho wisnu; PKBM WIYATA TAMA SUKOHARJO
Format: Article info systematic review application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Ilmu Berbagi Foundation , 2015
Subjects:
Online Access: http://jurnal.ilmuberbagi.or.id/index.php/jib/article/view/18
http://jurnal.ilmuberbagi.or.id/index.php/jib/article/view/18/19
Daftar Isi:
  • Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai tempat kegiatan belajar bagi masyarakat, adalah tempat bagi masyarakat untuk menimba ilmu dan memperoleh berbagai jenis keterampilan dan pengetahuan fungsional yang dapat didayagunakan secara tepat dalam upaya memperbaiki kualitas hidup dan kehidupan masyarakat. Hal ini sekaligus dalam rangka upaya pemberantasan kemiskinan dan kelaparan seperti yang tertuang di MDG’s. Pertumbuhan jumlah PKBM yang di Indonesia khususnya diambil kasus di Kabupaten Sukoharjo adalah nyaris sebatas pada jumlah PKBM yang bertambah yang kurang diimbangkan dengan output dan outcome yang memadai. Hal ini menurut beberapa penelitian dan fenomena nyata disebabkan karena kurangnya fokus pengembangan model yang memadai dan sumberdaya manusia dalam PKBM. Artikel ini disusun untuk merumuskan model pengembangan PKBM berbasis life skill sebagai lembaga pendidikan non formal dan informal yang mengacu pada pola pengambangan life skill menurut DIRJEN PNFI dan beberapa literur yang relefan dengan metode Systematic Review. Dengan mengadopsi langkah langkah Systematic Review yang dijelaskan oleh (Francis & Baldesari, 2006 ) artikel ini merumuskan model pengembangan PKBM berbasis life skill yang disebut “Roket Peluncur PKBM”sebagai model alternatif dalam percepatan pengembangan PKBM yang berbasis life skill dan PKBM yang mandiri.