MUTU RAUDHATUL ATHFAL DI KOTA JAMBI DALAM PERSPEKTIF STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Main Author: | Saepudin, Juju |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta
, 2017
|
Online Access: |
https://blajakarta.kemenag.go.id/journal/index.php/penamas/article/view/126 https://blajakarta.kemenag.go.id/journal/index.php/penamas/article/view/126/106 |
Daftar Isi:
- Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tentang Mutu Raudhatul Athfal (RA) dalam Perspektif Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Jambi. RA adalah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang berada di jalur formal sederajat dengan Taman Kanak-Kanak (TK). Sebagai satuan pendidikan formal, RA dituntut memenuhi standar pendidikan sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang selanjutnya disempurnakan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2013. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif selama 25 hari dengan teknik penggalian data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sejumlah temuan penting dari penelitian ini antara lain: (1) RA sasaran penelitian sebagian besar sudah memenuhi standar PAUD, kecuali pada aspek standar tingkat pencapaian perkembangan, standar proses dan standar sarana prasarana; (2) Komunikasi efektif antara guru dan orangtua siswa serta profesionalisme tenaga pendidik merupakan faktor pendukung keberlangsungan RA, sedangkan keterbatasan sarana dan prasarana serta ketiadaan RA Negeri yang berfungsi sebagai model atau pembina merupakan salah satu kendala di lapangan untuk meningkatkan mutu RA, dan; (3) Model pemilihan guru dan kepala RA berprestasi yang dilakukan Kementerian Agama merupakan bagian dari usaha memacu guru untuk meningkatkan kinerjanya yang perlu dipertahankan.Kata Kunci: Mutu, Raudhatul Athfal, Standar PAUD, dan Kota Jambi
- This paper presents the research results on Quality of Raudhatul Athfal (RA) in Perspective of Early Childhood Education Standards (PAUD) in Jambi City. RA is an institution of Early Childhood Education which is equivalent with kindergarten. As a formal educational institution, RA is required to meet the educational standards as stated in Government Regulation No. 19 of 2005 on National Education Standards which was further refined by Government Regulation No. 23 of 2013. This research was conducted with a qualitative descriptive approach for 25 days with the data collection techniques through observation, in-depth interviews and documentation studies. A number of important findings from this research were: (1) the research targets mostly met the PAUD standard, except in the aspect of standard of achievement level, process standard and standard of infrastructure; (2) effective communication between teachers and parents and the educators was a factor supporting the continuity of RA, while the limited facilities and infrastructure and the absence of State RA that served as a model or coach was one of the obstacles to improve the quality of RA; (3) the teacher selection model and the accomplished headmaster of RA conducted by the Ministry of Religious Affairs became a part of the effort to make the teachers improve their performance that was needed maintaining. Keywords: Quality, Raudhatul Athfal, PAUD Standard, and Jambi City