PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN
Main Authors: | Harahap, Haritsah Hammamah, Makmur, Agus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tamansiswa Palembang
, 2019
|
Online Access: |
http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/90 http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/90/77 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar yaitu kubus dan balok di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes pemahaman konsep belajar matematika dalam bentuk Essay sebanyak 10 soal dan observasi aktivitas belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep belajar matematika siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil tes pemahaman konsep belajar matematika siswa yaitu rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 81,625, kelas kontrol sebesar 70,000 dan hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai sebesar 3,4 dan persentase nilainya 85% dengan kualifikasi nilai kategori “baik”, sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai sebesar 3,0 dan persentase nilainya 75% dengan kualifikasi nilai pada kategori “cukup”.