MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TUGAS FLASH CARD

Main Authors: Usman, Muhammad Rizal, Rahmadani, Rezki
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tamansiswa Palembang , 2019
Online Access: http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/87
http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/87/74
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika dengan tugas Flash Card di kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Penelitian ini juga untuk mengetahui presentase hasil belajar matematika, aktivitas peserta didik danrespons peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Luaran yang dihasilkan pada penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar matematika mencapai KKM, aktivitas peserta didik aktif saat pembelajaran berlangsung serta respons peserta didik positif terhadap model kooperatif Think Pair Share,serta pemberian tugas Flash Card kepada peserta didik diakhir pembelajaran. Perangkat pembelajaran (RPP) berorientasi pada pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Subjek penelitian adalah satu kelas sebagai kelas eksperimen. Objek penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Rata-rata hasil belajar matematika peserta didik setelah menggunkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tugas Flash Card ≥ 75 (KKM) yaitu 82.78 skor yang diperoleh.(2) Keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tugas Flash Card ≥ 75% yaitu 80.3% peserta didik aktif dalam proses pembelajaran.(3) Respons peserta didik terhadap pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan tugas Flash Card ≥ 75% yaitu 88% peserta didik merespons positif terhadap pembelajaran.