PEMBELAJARAN PENEMUAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP
Main Author: | Hadriani, Hadriani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tamansiswa Palembang
, 2017
|
Online Access: |
http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/6 http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/6/6 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi/semu dengan desain eksperimen pretes-postes dan perbandingan kelompok statik. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran penemuan, sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini melibatkan 67 siswa kelas VIII disalah satu SMPN di Cimahi. Analisis data dalam pengujian hipotesis digunakan uji-t, uji Mann-WhitneyU dan Uji Pearson-Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa secara keseluruhan, (1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat pembelajaran penemuan lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran ekpositori; dan (2) Pencapaian disposisi matematis siswa yang mendapat pembelajaran penemuan lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori. Disamping itu, ditemukan juga bahwa tidak terdapat asosiasi antara kemampuan koneksi dan disposisi matematis.