PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI MODEL ALBERTA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP
Main Authors: | Usman, Muhammad Rizal, Halim, St. Nur Humairah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tamansiswa Palembang
, 2018
|
Online Access: |
http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/41 http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/41/39 |
Daftar Isi:
- Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu hal yang sangat penting pada masa sekarang, karena dampak yang diperoleh membuat manusia menjadi lebih terbuka, fleksibel dan dalam beradaptasi manusia mudah menghadapi berbagai situasi dan masalah kehidupannya. Perkembangan teknologi dan informasi yang lebih maju menuntut masyarakat harus lebih cerdas, kreatif dan mampu menyaring informasi yang diperolehnya. Untuk mewujudkan siswa menjadi aktif dan memiliki kemampuan dan disposisi berpikir kreatif matematis yang baik, tentu dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengeksplorasi dan melibatkan siswa secara aktif dan kreatif. Salah satu model pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Belajar dengan pembelajaran inkuiri dapat melibatkan siswa dan memberikan pengalaman-pengalaman yang nyata. Siswa diharapkan dapat mengambil inisiatif sendiri, melatih dirinya mengaitkan materi-materi dalam matematika, memecahkan masalah, membuat keputusan dan memperoleh berbagai keterampilan atau kemampuan. Dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri Model Alberta, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan disposisi berpikir siswa juga semakin baik.