CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Main Authors: Yenni, Rika Firma, Malalina, Malalina
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tamansiswa Palembang , 2020
Online Access: http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/163
http://www.ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/163/127
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPIT Izzuddin Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Izzuddin Palembang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil dalam penelitian ini melalui Teknik Random Sampling. Dari populasi diambil dua kelas yang ada sebagai kelas eksperimen (VIII Damaskus) yang berjumlah 20 siswa dan kelas kontrol (VIII Palestina) yang berjumlah 20 siswa. Metode yang digunakan adalah True Eksperimen Design yaitu kategori Posttest – Only Control Group Design. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPIT Izzuddin Palembang.