PENINGKATAN KEMAMPUAN CUCI TANGAN DENGAN BENAR MELALUI GERAK DAN LAGU CUCI TANGAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK AL-ISTIQOMAH KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Main Authors: Hasanah, Alfi Nur, Wiyono, Joko, Putri, Ronasari Mahaji
Format: Article info
Bahasa: en
Terbitan: Universitas Tribhuwana Tunggadewi , 2018
Subjects:
Online Access: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/938
Daftar Isi:
  • Cuci tangan merupakan proses membuang kotoran dan debu secara mekanis dari kedua belah tangan dengan memakai sabun dan air bersih yang bertujuan untuk pencegahan penyakit. Cara meningkatkan kemampuan cuci tangan pada anak melalui lagu cuci tangan sebagai sarana yang menyenangkan sambil bermain dan melakukan tindakan cuci tangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan cuci tangan dengan benar melalui gerak dan lagu cuci tangan pada anak usia pra sekolah (4-6 tahun) di TK Al-Istiqomah Tlogomas. Desain penelitian mengunakan desain pre eksperimen dengan one group pre test and post test design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 37 anak usia pra sekolah (4-6 tahun) dengan penentuan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji paired t test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebelum diberikan gerak dan lagu cuci tangan lebih dari separuhanak usia pra sekolah (4-6 tahun) memiliki kemampuan cuci tangan buruk dan sesudah diberikan gerak dan lagu cuci tangan lebih dari separuh anak usia pra sekolah (4-6 tahun) memiliki kemampuan cuci tangan cukup baik. Hasil uji paired t test disimpulkan bahwaada peningkatan kemampuan cuci tangan dengan benar melalui gerak dan lagu cuci tangan pada anak usia pra sekolah (4-6 tahun) di TK Al-Istiqomah Tlogomas (p value < 0,050). Berdasarkan hasil penelitian maka untuk meningkatkan kemampuan cuci tangan anak perlu direkomendasikan agar sekolah menerapkan gerak dan lagu cuci tangan sehingga anak bisa mandiri mencuci tangan di rumah. ABSTRACT Hand washing is a process of mechanically removing dirt and dust from both hands using soap and clean water for the purpose of disease prevention. How to improve handwashing skills in children through handwashing songs as a fun tool while playing and performing handwashing actions. The purpose of this research was to increase the ability to wash hands thoroughly through handwashing movement and song in children of preschool age (4-6 years) in TK Al-Istiqomah Tlogomas. The research design used pre experimental design with one group pre test and post test design. The population in this study was 37 pre-school aged children (4-6 years old) with the sampling of the samples using saturated sampling. The technique of collecting data was using observation sheet. Data analysis method that used a paired t test by using SPSS. The result showed that before given the hand washing motion and song more than half, students of pre-school age (4-6 years) had a poor hand washing capability and after given hand washing motion and song, more than half, pre-school agedchildren (4-6 years old) had good handwashing ability. The test results paired t test it can be concluded that there is an increased ability to wash hands correctly through handwashing movement and song in children of preschool age (4-6 years) in TK Al-Istiqomah Tlogomas (p value < 0.050). Based on the research results, to improve the ability of hand washing, children need to apply hand washing motion and song so that children can be independent at home. Keywords: Pre-school age, handwashing motion and song, children’s handwashing ability