PERBEDAAN KEBERHASILAN TOILET LEARNING PADA ANAK USIA 24-36 BULAN PADA TIPE NUCLEAR FAMILY DENGAN EXTENDED FAMILY DI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG
Main Authors: | Sanjaya, Faisal, Eka Sudiwati, Ni Luh Putu, Maemunah, Neni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tribhuwana Tunggadewi
, 2017
|
Online Access: |
https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/484 https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/484/402 |
Daftar Isi:
- Toilet learning adalah proses pembangunan di mana seorang anak belajar untuk menggunakan toilet dengan tepat. Sekitar 30% dari 250 juta jiwa penduduk Indonesia masih susah mengontrol BAB dan BAK (ngompol) sampai usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keberhasilan toilet learning pada anak usia 24-36 bulan pada tipe nuclear family dan extended family di RW 02 dan RW 06 Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Desain penelitian observasional komparatif yang bersifat Cross Sectional. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebesar 50 anak, 25 anak dari tipe nuclear family dan 25 anak dari extended family. Pengumpulan data melalui lembar observasi untuk anak dan kuesioner kepada orang tua, kemudian dilakukan pengolahan dan analisis statistik Mann-Whitney U-Test. Hasil penelitian menggambarkan bahwa keberhasilan toilet learning pada anak tipe nuclear family terdapat 36% dengan kategori cukup berhasil dan keberhasilan toilet learning pada tipe extended family terdapat 60% dengan kategori berhasil. Hasil uji komparasi dengan ρ value 0.046 < 0,05. Disimpulkan terdapat perbedaan keberhasilan toilet learning pada anak pada tipe nuclear family dan extended family. Penelitian selanjutnya diharapkan bisa meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan keberhasilan toilet learning pada anak dari tipe nuclear family dan extended family. Kata kunci : Toilet learning, nuclear family dan extended family, anak usia 24-36 bulan