GANGGUAN TIDUR BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SUMBER SEKAR KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG
Main Authors: | Ya’kub, Ya’kub, Widodo, Dyah, Putri, Ronasari Mahaji |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tribhuwana Tunggadewi
, 2017
|
Online Access: |
https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/471 https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/471/389 |
Daftar Isi:
- Gangguan tidur merupakan masalah yang banyak dialami oleh anak sekolah dikarenakan berkembang pesatnya teknologi sehingga akan berpengaruh pada prestasi belajar. Tidur anak sekolah dasar yang tidak terganggu akan berpengaruh pada prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gangguan tidur dengan prestasi belajar pada anak Sekolah Dasar Negeri 01 Sumber Sekar Kecamatan DAU, Kabupaten Malang. Penelitian ini mengunakan desain korelasional dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 150 siswa dengan pengambilan sampel sebanyak 105 siswa. Pengambilan sampel dengan mengunakan proportionale stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis gangguan tidur berupa quesioner dan untuk menganalisis prestasi belajar menggunakan raport. Data dianalisis dengan pearson product moment dengan derajat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian sebanyak 50% anak kurang mengalami gangguan tidur dan 48% anak mempunyai prestasi belajar baik. Hasil analisis product moment menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,00 < α 0,05. Disimpulkan ada hubungan gangguan tidur dengan prestasi belajar dengan kekuatan hubungan sedang (r = 0,444). Disarankan kepada orang tua yang memiliki anak yang mengalami gangguan tidur dapat mengontrol atau memperhatikan tidur anak mereka dengan cara tidak menyediakan televisi dalam kamar dan mengarahkan anak agar tidur siang, tidur tepat waktu, dan tidak terlalu lama menonton televisi. Kata Kunci : Gangguan tidur, prestasi belajar, anak Sekolah Dasar.