HUBUNGAN PERILAKU CARING DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP DEWASA RUMAH SAKIT PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG

Main Authors: Fitnian, Isnaini, Yudiernawati, Atti, Lasri, Lasri
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tribhuwana Tunggadewi , 2016
Online Access: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/431
https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/431/349
Daftar Isi:
  • Praktek caring sebagai pusat keperawatan menggambarkan caring sebagai dasar dalam sebuah kesatuan nilai-nilai kemanusiaan yang Universal (kebaikan, Kepedulian, dan cinta terhadap diri sendiri dan orang lain. Kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja suatu produk dan harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien. Desain penelitian yang di gunakan adalah deskriptif yang bersifat korelasional (studi korelasi) dengan pendekatan cross sectional, jumlah responden 83 orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Probability sampling jenis Simple Random Sampling. Hasil penelitian diperoleh mayoritas responden (72,3%) menilai perilaku caring sangat baik, tingkat kepuasan pasien mayoritas responden (50,6%) merasa sangat puas. Hasil uji korelasi spearman 0.357, dengan p-value sebesar 0.001 yang lebih kecil dari alpha 0.05. Sehingga Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien di rumah sakit panti waluya sawahan malang. Kata Kunci: Perilaku caring, tingkat Kepuasan Pasien