KEBIASAAN PENGGUNAAN GADGET BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PAUD ANGGREK KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Main Authors: Lende, Novyta Ayu Saputri, Maemunah, Neni, Choeron, Rachmat Chusnul
Format: Article info
Bahasa: en
Terbitan: Universitas Tribhuwana Tunggadewi , 2019
Subjects:
Online Access: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/2068
Daftar Isi:
  • Anak usia pra sekolah yang sering menggunakan gadget mengalami penurunan stimulus yang akan mempengaruhi pola komunikasi sehingga bisa menghambat perkembangan bahasanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kebiasaan penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa pada anak usia pra sekolah di PAUD Anggrek, Kelurahan Tlogomas. Desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 50 anak usia pra sekolah, dengan penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Besar sampel sebanyak 34 responden. Instrumen menggunakan kuesioner untuk kebiasaan penggunaan gadget dan Denver II untuk mengukur perkembangan bahasa anak. Analisa data menggunakan uji Exact Fisher. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden memiliki kebiasaan menggunakan gadget (73,5%), dan sebagian besar responden pada anak usia pra sekolah mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasa (70,6%). Hasil uji Exact Fisher didapatkan p = 0,000 yang berarti ada hubungan kebiasaan penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa pada anak usia pra sekolah di PAUD Anggrek, Kelurahan Tlogomas. Oleh karena itu orang tua perlu membatasi penggunaan gadget pada anak agar tidak berdampak pada penurunan perkembangan bahasa. Preschoolers who often use gadgets have decreased stimulus that will affect their communication patterns and inhibit their language development. The purpose of this study was to determine the relationship between the habit of using gadgets with the language development in pre-school aged children in PAUD Anggrek, Kelurahan Tlogomas. The study design used a cross sectional. The study population was 50 children of pre-school age, with the determination of the sample using simple random sampling. The sample size was 34 respondents. The instrument uses questionnaires for gadget use habits and Denver II to measure children's language development. The data analysis involved Fisher's exact test. The results showed that most respondents had the habit of using gadgets (73.5%), and the majority of respondents in pre-school age children experienced delays in language development (70.6%). Fisher's Exact test results obtained p = 0,000 which means there is a relationship between the habit of using gadgets with the language development in pre-school age children in PAUD Anggrek, Kelurahan Tlogomas. Therefore, parents need to limit the using of gadgets on children to limit the impact on language development. Keywords: Pre-school aged children, gadget usage habits, language development