PENGARUH ASSOSIATIF PLAY TERHADAP PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK DHARMA WANITA KELURAHAN TLOGOMAS MALANG
Main Authors: | Firnawati, Firnawati, Yudiernawati, Atti, Dewi, Novita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tribhuwana Tunggadewi
, 2017
|
Online Access: |
https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/205 https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/205/239 |
Daftar Isi:
- Perkembangan anak yang sesuai yang dimiliki oleh anak prasekolah akan berpengaruh terhadap perkembangannya. Assosiatif play merupakan salah satu faktor penting yang menentukan tingkat perkembangan fisik dan perkembangan mental yang sesuai dengan KPSP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh assosiatif play terhadap perkembangan personal sosial anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Kelurahan Tlogomas Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan metode pendekatan one group Pre-Post Test Design. Populasi adalah anak usia 5-6 tahun kelas B di TK. Dharma Wanita kelurahan Tlogomas berjumlah 16 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 16 orang. Pengambilan sampel dengan total sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test dengan derajat kemaknaan 0,05. Hasil pengumpulan data penelitian sebagian besar (56,3%) perkembangna sosial responden masuk kategori tidak sesuai sebanyak 9 orang, dan seluruh (100%) perkembangan sosial responden masuk kategori sesuai sebanyak 16 orang. Hasil analisis bivariat menunjukan pvalue= 0,008 (pvalue< 0,05). Artinya ada pengaruh Assosiatif Play terhadap perkembangan personal sosial anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Kelurahan Tlogomas Malang. Saran yang dapat direkomendasikan, bagi orang tua: orang tuarus memberikan memperhatikan perkembangan sosial anak dengan mendukung anak untuk bermain dan berinteraksi dengan teman-teman yang lain agar perkembangan anak sesuai dengan usia perkembangannya. Kata Kunci : Assosiatif Play, perkembangan personal sosial anak