VIDEO EDUKASI DAN SIMULASI BERPENGARUH TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GURU DALAM MELAKUKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA SISWA YANG MENGALAMI SINKOP (PINGSAN) DI SDN MERJOSARI 1 KOTA MALANG

Main Authors: Mahore, Mikael, Metrikayanto, Wahyu Dini, Yasin, Dudella Desnani Firman
Format: Article info
Bahasa: en
Terbitan: Universitas Tribhuwana Tunggadewi , 2019
Subjects:
Online Access: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/1983
Daftar Isi:
  • Pada dasarnya guru merupakan orang tua wali di sekolah sehingga pertolongan pertama oleh guru diperlukan. Masalah yang terjadi pada guru saat menolong siswa sinkop yaitu ketakutan karena belum sepenuhnya mengetahui cara penanganan yang benar, oleh karena itu guru perlu memahami dan menguasai penatalaksanaan siswa sinkop di sekolah. Pemberian video edukasi dan simulasi penanganan sinkop bertujuan memberikan informasi kepada guru untuk meningkatkan pengetahuan sehingga bisa melakukan penanganan sinkop apabila terjadi pada siswa di sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh video edukasi dan simulasi terhadap pengetahuan guru dalam melakukan pertolongan pertama pada siswa yang mengalami sinkop di SDN Merjosari 1 Kota Malang. Desain penelitian mengunakan desain One-Group Pra-Post Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah guru, dengan teknik sampling menggunakan simple random sampling sehingga didapatkan sampel penelitian sebanyak 17 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Metode analisa data yang digunakan yaitu uji marginal homogenity ( P < 0,05. Hasil penelitian membuktikan sebelum diberikan video edukasi dan simulasi sebagian besar yaitu sebanyak 12 responden (70,6%) memiliki pengetahuan cukup dan sesudah diberikan video edukasi dan simulasi hampir seluruhnya yaitu sebanyak 15 responden (88,2%) memiliki pengetahuan baik dalam melakukan pertolongan pertama pada siswa yang mengalami sinkop. Hasil uji marginal homogenity didapatkan p value= (0,000) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh video edukasi dan simulasi terhadap pengetahuan guru dalam melakukan pertolongan pertama pada siswa yang mengalami sinkop di SDN Merjosari 1 Kota Malang. Basically the teacher is the guardian's parents in the school so the first aid needed by the teacher is needed. The problem that occurs when teachers help students in syncope is fear because they do not yet fully know how to handle it correctly, therefore teachers need to understand and master the management of syncope students at school. The provision of educational videos and simulation of syncope handling aims to provide information to teachers to increase knowledge so that they can handle syncope if it occurs to students at school. The purpose of the study was to determine the effect of educational videos and simulations on teacher knowledge in conducting first aid to students who experienced syncope at SDN Merjosari 1 Malang. The study design uses a One-Group Pre-Post Test Design. The population in this study was the teacher, with the sampling technique using simple random sampling to obtain a sample of 17 respondents. Data collection techniques using instruments in the form of a questionnaire. Data analysis method used is the marginal homogenity test (P