PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA ANKLE SPRAIN MELALUI VIDEO EDUKASI DI SDN LANDUNGSARI I KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Main Authors: Dosi, Sergilius Verianda, Yasin, Dudella Desnani Firman, Metrikayanto, Wahyu Dini
Format: Article info
Bahasa: en
Terbitan: Universitas Tribhuwana Tunggadewi , 2019
Subjects:
Online Access: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/1933
Daftar Isi:
  • Keterampilan kesehatan merupakan kemampuan menggunakan akal, pikiran, dan ide kreatifitas dalam melakukan sesuatu. Salah satu keterampilan dalam tindakan pelayanan kesehatan yang perlu ditingkatkan adalah penanganan pada cedera ankle sprain. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh video edukasi pertolongan pertama pada ankle sprain terhadap keterampilan guru. Desain penelitian ini menggunakan pre eksperiment. Populasi yang digunakan ialah guru di SDN I Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 responden. Variabel independen pada penelitian ini ialah video edukasi pertolongan pertama pada ankle sprain dan variabel dependennya ialah keterampilan guru. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji Marginal homogeneity dengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan responden tentang pertolongan pertama pada ankle sprain sebelum diberi edukasi menggunakan media video seluruhnya pada kategori kurang (100%), namun setelah diberi edukasi melalui media video sebagian besar responden memiliki keterampilan pada kategori baik (75%). Analisis bivariat menggunakan marginal homogeneity didapatkan p=0,000. Media video dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengedukasi guru untuk meningkatkan keterampilan tantang pertolongan pertama ankle sprain di SDN I Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Various media have been developed to provide health education to the public, one of them is video. The aim of this research is to find out the effect of educational videos about first aid on ankle sprain injuries to teacher skills. This research design used one group pre test post test design. The population of this study was teachers in SDN 1 Landungsari Dau, Malang. The sampling technique used sampling total with a sample size of 20 respondents. The independent variable in this study was an educational video about first aid in ankle sprain injury and the dependent variable was the teacher's skill. Research data were collected using observation sheets. Data were analyzed using Marginal homogeneity test with α = 0.05. The results showed that the respondent's skills regarding first aid in ankle sprain injury before being educated using video media were all in the less category (100%), but after being educated through video media most of the respondents have good skills in the category (75%). Bivariate analysis used marginal homogeneity obtained p = 0,000. This showed that there is a significant influence of educational video about first aid in ankle sprain injury to teacher skills at SDN I Landungsari, Dau District, Malang. So that education is also important to convey to the students in order to achieve broader health promotion goals. Abstract: Ankle Sprain, Skill, First Aid, Educational Video