PERBEDAAN TINGKAT KOGNITIF MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG TAHUN ANGKATAN 2017 SEBELUM DAN SESUDAH PEMBELAJARAN RESUSITASI JANTUNG PARU (RJP) ANAK (1-8 TAHUN) DENGAN MEDIA VIDEO

Main Authors: Setiawan, Andri, Ardiyani, Vita Maryah, Metrikayanto, Wahyu Dini
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tribhuwana Tunggadewi , 2018
Subjects:
Online Access: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/1380
https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/1380/965
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Resusitasi Jantung Paru (RJP) dengan media video perlu diterapkan kepada mahasiswa keperawatan karena sebagai salah satu bagian tenaga kesehatan yang siap membantu korban henti jantung terutama pada (1-8 Tahun) apabila sewaktu-waktu terjadi. Mahasiswa keperawatan yang mendapatkan pembelajaran RJP anak (1-8 tahun) mampu meningkatkan kognitif pengetahuan sehingga bila mengaplikasikannya apabila terjadi korban henti jantung. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan tingkat kognitif Mahasiswa Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang tahun angkatan 2017 sebelum dan sesudah pembelajaran RJP Anak (1-8 Tahun) dengan media video. Desain penelitian mengunakan desain pra-eksperimental dengan one-group pra-post test design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 130 mahasiswa dengan penentuan sampel penelitian menggunakan accidental sampling sehingga didapatkan sampel penelitian sebanyak 57 mahasiswa Keperawatan Unitri Tahun Angkatan 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji Marginal Homogeneity dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan sebelum pembelajaran RJP anak (1-8 tahun) dengan media video sebagian besar (68,4%) responden memiliki tingkat kognitif kategori cukup dan sesudah pembelajaran RJP anak (1-8 tahun) dengan media video sebagian besar (64,9%) responden memiliki tingkat kognitif kategori baik. Hasil uji Marginal Homogeneity didapatkan p-value= (0,000)