PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI JAWA BARAT

Main Author: Widiastuti, Ika
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Ilmiah Widya , 2017
Online Access: http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/jurnal-ilmiah/article/view/282
http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/jurnal-ilmiah/article/view/282/264
Daftar Isi:
  • ABSTRAK: Peningkatan kualitas pelayanan publik pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Barat sangatlah penting agar dapat meningkatkan kepuasan terhadap masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, sistem serta harga yang terjangkau. Cita-cita awal pelaksanaan BPJS Kesehatan adalah agar masyarakat bisa terlayani dengan baik di puskesmas namun masih terdapat permasalahan yang harus dibenahi. Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui dan membahas pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Barat, 2) mengumpulkan informasi serta mngembangkan konsep pelayanan BPJS kesehatan di Jawa Barat. Metode penulisan ini adalah kajian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif dan eksploratif. Dapat disimpulkan bahwa: 1) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang selanjutnya disingkat BPJS adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. BPJS terdiri dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. 2) terdapat permasalahan yang harus dibenahi baik berupa sistem, prosedur, SDM (tenaga medis), maupun sarana prasarana serta belum menerapkan prinsip responsivitas terhadap kebutuhan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik bidang kesehatan di Jawa Barat, 3) pelayanan bidang kesehatan belum memenuhi standar pelayanan publik yang baik, akses masyarakat untuk mendapatkan manfaat pelayanan sangat terbatas, masyarakat belum bisa mendapatkan pelayanan di semua fasilitas kesehatan.Kata kunci: pelayanan, BPJS, kesehatan ABSTRACT: Improving the quality of public services at the Social Security Agency (BPJS) Health in West Java is essential in order to increase the satisfaction of the public in obtaining health services safe, quality, system and an affordable price. Ideals of the early implementation of BPJS is so that people can be served well in the clinic but still there are problems that must be addressed. The purpose of writing is 1) to identify and discuss service Social Security Agency (BPJS) Health in West Java, 2) gather information and develop concepts BPJS health services in West Java. This writing method is the study of literature with a descriptive and exploratory approach. It is concluded that 1) Social Security Agency, hereinafter abbreviated BPJS is a statutory body established to administer social security program. BPJS consists of BPJS Health and BPJS Employment. BPJS Health is a legal entity formed to administer the health insurance program. 2) there are problems that must be addressed in the form of systems, procedures, human resources (medical personel), as well as infrastructure and not to apply the principle of responsiveness to community needs in order to improve the quality of public services in health in West Java, 3) public service in health sector not meet the standards good public services, people's access to the benefits of the service is very limited, the public has not been able to get services in all health facilities.Key words: services, BPJS, health