PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS XI BUSANA SMK NEGERI 6 PADANG

Main Authors: Fidelis Aprianus Dachi, Dina Novarina Perdana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Ekasakti , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/JANGKA/article/view/177
https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/JANGKA/article/view/177/175
Daftar Isi:
  • PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANSCIENCE,TECHNOLOGY,ENGINEERING ANDMATHEMATICS(STEM)UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADASISWA KELAS XI BUSANASMK NEGERI 6PADANGOlehFidelis Aprianus DachiNo BP 1510003715002ABSTRAKPenelitian ini berawal dari observasi di sekolah bahwa dalam prosespembelajaran matematika belum sepenuhnya mencapai tujuan pembelajaran.Minat belajar matematika pesertadidik masih kurang dan efikasi diri peserta didikmasih rendah. Selama proses pembelajaran digunakan bahan ajar yang belumsesuai untuk memecahkan masalah-masalah tersebut. Dari permasalahan yangada, diperlukan suatu terobosan baru yang menuntut guru untuk menciptakansuatu bahan ajar yang sesuai dan mampu meningkatkan efikasi diri peserta didik.Salah satu terobosan yang dimaksud yaitu dengan menciptakan bahan ajar berupaLembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaranscience,technology, engineering, and mathematics(STEM). Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD dengan menggunakan modelpembelajaran STEM untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakanmodelpengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu 1)define(pendefinisian), 2)design(perancangan), 3)development(pengembangan) dan 4)disseminate(penyebaran). LKPD yang dikembangkan dan divalidasi oleh beberapa ahli.Selanjutnya diujicobakanuntuk melihat kepraktisan dan keefektifan dari LKPDdikelas XI Busana 3 SMKN 6 Padang. Kepraktisan dilihat melalui hasil analisisangket respon siswa dan guru. Keefektifan dilihat melalui hasil analisis akhirangket efikasi diri siswa.Hasil validasi LKPDoleh ahli diperoleh bahwa LKPD dengan modelpembelajaran STEM dikategorikan valid. Hasil penggunaan LKPD oleh gurudiperoleh LKPD yang praktis, sedangkan penggunaan LKPD oleh siswa diperolehLKPD yang sangat praktis. Efektifitas LKPD dilihat dari hasil analisis akhirangket efikasi diri siswa, hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD denganmodel pembelajaran STEM dapat meningkatkan efikasi diri siswa. Dengandemikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan model pembelajaran STEMyang dikembangkan telah valid,praktis, dan efektif.