Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 30 Makassar
Main Author: | Asmal, Muthmainnah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pancasakti
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/122 http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/122/80 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Variabel penelitian terdiri dari variable bebas yaitu kecerdasan logis matematis dan variable terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 30 Makassar Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 105 orang siswa. Sampel diambil menggunakan simple random sampling sebanyak 55 orang siswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrument berupa tes yang terdiri atas 25 butir soal pilihan ganda untuk mengukur tingkat kecerdasan logis matematis dan untuk tes mengukur kemampuan pemecahan masalah sebanyak 8 butir soal essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis regresi diperoleh nilai Fhitung= 0,433 dan Ftabel(5%) = 0,297, karena Fhitung≥Ftabel, maka H0 ditolak Ini berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMPN 30 Makassar. Adapun besarnya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa adalah sebesar 18,75%.