ANALISIS PEMASARAN KENTANG DI DESA PULAU TENGAH KECAMATAN JANGKAT KABUPATEN MERANGIN

Main Authors: Abhar, Eldi, Isyaturriyadhah, Isyaturriyadhah, Fikriman, Fikriman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muara Bungo , 2018
Online Access: http://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/JAS/article/view/179
http://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/JAS/article/view/179/206
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola/saluran pemasaran tanaman kentang diDesa Pulau Tengah Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin dan untuk mengetahui tingkatefisiensi yang diperoleh masing-masing lembaga pemasaran tanaman kentang. Penelitiandilaksanakan di Desa Pulau Tengah Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin yang dipilihsecara sengaja (purposive sampling) dengan pertimbangan bahwa Desa Pulau Tengahmerupakan desa terluas dalam pemanenan kentang dan terbesar dalam produksi kentang diKabupaten Merangin (Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Merangin, 2015).Penelitian dilaksanakan dari tanggal 25 Januari 2017 s/d 25 Februari 2017.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Survei. Pengambilan sampeldilakukan sebanyak 20 % dari 167 populasi petani kentang Didesa Pulau Tengah, sehinggaresponden dalam penelitian ini berjumlah 34 orang petani kentang. Sedangkan untuk lembagapemasaran yang terlibat pada kegiatan pemasaran dilakukan dengan cara snowball samplingHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 Pola/saluran pemasaran tanamankentang di Desa Pulau Tengah Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin, yaitu : Saluran I :Petani Kentang, Pedagang Pengumpul, Pedagang Pengecer dan Konsumen dan Saluran II :Petani Kentang, Pedagang Pengumpul dan Konsumen, Dengan nilai margin pemasaransebesar Rp 3.608/kg pada saluran I dan Rp 2.888/kg pada saluran II dan Efesiensi pemasarandi Desa Pulau Tengah sudah efesien dengan tingkat efisiensi pemasaran yang diperolehmasing-masing lembaga pemasaran tanaman kentang sebesar 5,9 % pada saluran I dan 5,3 %pada saluran IIKata Kunci : Petani Kentang, Saluran Pemasaran dan Efesiensi Pemasaran