ANALISIS PEMASARAN MINYAK NILAM DI KECAMATAN LEMBAH MASURAI KABUPATEN MERANGIN
Main Authors: | Firdaus, Heroza, Isyaturriyadhah, Isyaturriyadhah, Sepfera, Mainif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muara Bungo
, 2018
|
Online Access: |
http://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/JAS/article/view/177 http://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/JAS/article/view/177/208 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 12 Januari 2017 sampai dengan 25 Maret 2017 di Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu pola saluran pemasaran minyak nilam, untuk mengetahui margin pemasaran dan efisiensi pemasaran minyak nilam yang terjadi di Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yaitu metode pengamatan langsung dengan menggunakan kuesioner (Nazir, 2003). Survey dilakukan ke produsen minyak nilam, penyalur minyak nilam dan pengumpul minyak nilam di Kecamatan Lembah Masurai dengan dasar penetapan wilayah secara sengaja karena di Kecamatan Lembah Masurai terdapat minyak nilam yang secara terus menerus di produksi dan memiliki produktifitas tinggi. Metode analisis yang digunakan adalah (1) metode analisis deskriptif, (2) analisis margin pemasaran, (3) efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola saluran pemasaran yang terjadipada pemasaran minyak nilam di Kecamatan Lembah Masurai KabupatenMerangin adalah satu saluran pemasaran yaitu saluran dua tingkat. Marginpemasaran dalam hal ini margin harga dan margin penerimaan dalam pemasaranminyak nilam di Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin adalah : 1)Margin harga penyalur adalah Rp. 25.000 dan Margin penerimaan Rp. 20.000, 2)Margin harga penyalur adalah Rp. 25.000 dan Margin penerimaan Rp. 17.500.Efisiensi pemasaran ditingkat penyalur sudah efisien karena bernilai diatas 50 %dengan nilai 94,44 % dan efisiensi pemasaran ditingkat pengumpul sudah efisienkarna bernilai diatas 50 % dengan nilai 94,74 %.Kata Kunci : Analisis Pemasaran, Minyak Nilam, Merangin