PENGENALAN PEMICU PEMANASAN GLOBAL MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS DESKTOP

Main Author: Partiwi, Arini
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Gunadarma , 2019
Subjects:
UML
Online Access: https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/tekno/article/view/1933
https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/tekno/article/view/1933/1643
Daftar Isi:
  • Kemajuan teknologi semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Bermacam teknologi telah diciptakan untuk berbagai keperluan dan pada berbagai bidang ilmu, terutama di dalam bidang informasi, edukasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi dapat digunakan sebagai sarana edukasi serta adanya perkembangan informasi dan komunikasi dapat membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya. Salah satu teknologi yang berkembang saat ini adalah Augmented Reality (AR) yaitu suatu teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real time. Salah satu implementasi dari AR ini dibangun dengan memasukan teknologi Augmented Reality ke dalam kartu sebagai media interaktif pengenalan pemicu pemanasan global. Pengenalan pemicu pemanasan global yang dibangun dengan teknologi AR diharapkan dapat membantu dalam menampilkan serta menyampaikan informasi yang dapat menarik minat masyarakat untuk lebih mengetahui tentang pemicu terjadinya pemanasan global. Pembuatan aplikasi AR menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle), model rancangan pengembangan yang digunakan adalah Unified Modelling Languange (UML) dan pembuatan AR menggunakan software library ARToolkit. Faktor pemicu pemanasan gobal yang terdiri dari AC, asap mobil, asap pabrik dan penebangan pohon masing-masing telah berhasil disajikan dalam objek 3D.