Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pengantar Survey Pemetaan Kelas X Teknik Geomatika Di Smk N 2 Kupang: Improvement Of Learning Outcomes Through Contextual Learning In Introduction To Mapping Survey Lesson Class X Geomatic Engineering In Smk N 2 Kupang
Main Authors: | Riwu, Angga A. P. , Asrial, Harijono, Harijono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Teknik Bangunan Undana
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnalbatakarang.ptbundana.org/index.php/batakarang/article/view/5 https://jurnalbatakarang.ptbundana.org/index.php/batakarang/article/view/5/4 |
Daftar Isi:
- Pada studi ini dibahas mengenai permasalahan Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar survey pemetaan yang dari 37 siswa yang ada diantaranya 29 tidak tuntas. Salah satu solusi yang dianggap mampu untuk meningkatkan hasil belajar adalah metode pembelajaran kontekstual. Melalui penerapan metode ini yang berorientasi pada peningkatan keaktifan siswa ini diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar pengantar survey pemetaan di Kelas X Program Keahlian Geomatika SMK Negeri 2 Kupang. Tujuan penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan tindakan kelas. Tindakan dalam penelitian ini didesain dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi serta refleksi. Untuk memperoleh data yang valid maka digunakan teknik observasi dan tes atau ujian kelas yang mengaplikasikan lembar observasi dan tes obyektif sebagai alatnya. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara klasikal hasil belajar siswa pada siklus I memiliki rata-rata sebesar 63,5 kemudian meningkat sebesar 9,5 poin pada siklus II 73,0 secara klasikal, peningkatan hasil belajar juga diikuti oleh peningkatan presentasi ketuntasan belajar sebesar 44,4% pada siklus I menjadi 91,1% pada siklus II. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode kontekstual mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pengantar survey pemetaan di kelas X Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 2 Kupang. Oleh karena itu hasil penelitian ini dapat diterapkan oleh guru mata diklat produktif khususnya di jurusan Teknik Geomatika SMK Negeri 2 Kupang atau sekolah lainnya untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar pada pokok bahasan yang lain.