PELAKSANAAN FUNGSI PERLINDUNGAN KONSUMEN DI SEKTOR PERBANKAN OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN

Main Authors: Bimo, Widhi Ariyo, Sari, Raiza Pranita
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Kahldun Bogor , 2019
Online Access: http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/MONETER/article/view/2520
http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/MONETER/article/view/2520/1545
Daftar Isi:
  • Lembaga Keuangan Sektor Perbankan pada sekarang ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perbankan merupakan salah satu Lembaga Keuangan yang dijadikan sebagai ukuran kemajuansuatu Negara. Oleh karena itu, untuk mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, serta mampu melindungi kepentingan konsumen maupun masyarakat. Maka, pemerintah membentuk OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terdapatPerlindungan Konsumen yang berupa pengaduan konsumen. Perlindungan Konsumen merupakan wadah bagi konsumen dan/atau masyarakat sebagai tempat bertukar informasi beserta pelayanan danpenyelesaian pengaduan konsumen terhadap lembaga keuangan khususnya pada sektor perbankan. Penelitian menggunakan data sekunder yang berkaitan dengan tingkat efektifitas PerlindunganKonsumen di sektor Perbankan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil dari penulisan ini adalah PerkembanganPengaduan Konsumen di Sektor Perbankan. Proses penanganan pengaduan konsumen meliputi dua cara yaitu secara lisan dan tulisan. Saran yang diberikan penulis adalah peningkatan edukasi denganmengadakan sosialisasi pada konsumen maupun PUJK serta melakukan pemantauan dan survey terhadap bank yang berada. Agar meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh pihak perbankan.