Kualitas Pelayanan Akta Jual Beli Di Kecamatan Kotamobagu Utara
Main Authors: | Sono, Mohamad Riadi Prasetio, Kimbal, Marthen, Pioh, Novie |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURNAL ILMIAH SOCIETY
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/24531 http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/24531/24245 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji serta menjelaskan bagaimana kualitas pelayanan Akta Jual Beli di kecamatan kotamobagu utara. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kualitas pelayanan akta jual beli di kantor kecamatan kotamobagu utara” terkait dengan kualitas pelayanan akta jual beli pemerintah harus di fokuskan pada 3 hal yaitu: 1. Reliability (Kehandalan) 2. Responsiveness (Ketanggapan) dan 3. Empathy (Empati) beserta indikatornya. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan harapan masyarakat yaitu lambat, mahal, dan melelahkan juga pelayanan yang lebih berpihak pada kepentingan pribadi, elite negara atau golongan tertentu. (2) faktor penghambat pelayanan akta jual beli di kecamatan kotamobagu utara adalah banyaknya tugas-tugas dalam bidang pemerintahan dan kurangnya penyuluhan. Faktor pendukungnya adalah kecepatan, keramahan, semangat yang diberikan pegawai dan fasilitas yang memadai.Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan Publik, Akte Jual Beli.