ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PABRIK BERAS (PB.) MULYA KENCANA KECAMATAN WARUNGKONDANG KABUPATEN CIANJUR

Main Author: Rosda Malia, Bima Iman Destratama &
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Suryakancana , 2017
Online Access: https://jurnal.unsur.ac.id/agroscience/article/view/111
https://jurnal.unsur.ac.id/agroscience/article/view/111/57
Daftar Isi:
  • PB.Mulya Kencana adalah salah satu perusahaan besar di Kab. Cianjur yang menampung hasil panen pandanwangi diseluruh daerah tanam. Tujuan penelitian ini : (1) mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadikekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness) serta peluang (opportunity) dan ancaman (threats), (2) mengetahui strategipengembangan yang tepat untuk PB. Mulya Kencana. Penelitian dilakukan di PB.Mulya Kencana yang beralamat di Kampung Cilenjang RT.02 RW.05 Desa Sukamulya Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur.PemilihanTempat ini dipilih melalui teknik purposif. Penelitian akan dimulai pada bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2014.Metode pengolahan dan analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis formula strategi. Matriks IFE dan EFEmenunjukan total bobot skor rata-rata sebesar 2,40 dan2,51. Hasil analisis matriks IE mengambarkan posisi PB.Mulya Kencana ada pada kuadran V, yaitu tahap hold and maintain. Kemudian dari matriks SWOT diperoleh sembilan alternatif strategi.