Perbandingan Potensi Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Cooperative Script Dalam Memberdayakan Retensi Siswa Berkemampuan Akademik Rendah
Main Author: | Maharani, Shefa Dwijayanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Madura
, 2016
|
Online Access: |
http://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/88 http://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/88/88 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membandingkan potensi strategi pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dan Cooperative Script (CS) dalam memberdayakan retensi hasil belajar siswa berkemampuan akademik rendah. Penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group digunakan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh pada saat pascates dan tes retensi dianalisis secara statistik menggunakan Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tidak berbeda secara signifikan dalam memberdayakan retensi pada siswa berkemampuan akademik rendah. Dengan demikian, maka strategi pembelajaran RT maupun CS memiliki potensi yang sama untuk menolong siswa berkemampuan akademik rendah dalam memberdayakan retensi hasil belajarnya.