Analisis Peran Media Sosial dalam Pemasaran Sayur di Tingkat Petani Desa Dalisodo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang

Main Authors: Anisa Aprilliyanti, Sugeng Riyanto
Format: Article info application/pdf Book Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Syntax Corporation , 2020
Subjects:
Online Access: http://jiss.publikasiindonesia.id/index.php/jiss/article/view/35
http://jiss.publikasiindonesia.id/index.php/jiss/article/view/35/61
http://jiss.publikasiindonesia.id/index.php/jiss/article/view/35/62
Daftar Isi:
  • Pertukaran informasi menjadi masalah yang mendapat sorotan dalam kegiatan pemasaran hasil pertanian. Sulitnya petani mengakses informasi ini kemudian memunculkan solusi dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti media sosial. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana media sosial berperan dalam pemasaran sayur di tingkat petani. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2020 dengan responden petani di Desa Dalisodo Kecamatan Wagir. Metode penentuan sampel yaitu menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 20 orang petani sayur. Dari hasil analisis jumlah petani yang menggunakan media sosial untuk pemasaran masih sedikit dikarenakan petani memasarkan sayur melalui tengkulak. Peran media sosial bagi petani di Desa Dalisodo masih sebatas mencari informasi harga sayur di pasaran menggunakan facebook dan whatsapp. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media sosial harus terus dioptimalkan karena jumlah penggunanya yang terus meningkat.