Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer
| Main Author: | Suciati, Sri |
|---|---|
| Format: | Article info application/pdf Journal |
| Bahasa: | ind |
| Terbitan: |
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta
, 2021
|
| Subjects: | |
| Online Access: |
https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/290 https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/290/270 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui deskripsi penerapan model pembelajaran self organized learning environments (SOLE) pada materi polimer untuk siswa kelas X RPL di SMK N 1 Sanden, 2) menguji peningkatkan pemahaman materi polimer melalui penerapan model pembelajaran self organized learning environments (SOLE) siswa kelas X RPL di SMK N 1 Sanden. Penelitian dilakukan di SMK N Sanden, dengan subjek penelitian kelas X RPL. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus dan tiap-tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes digunakan untuk mengambil data pemahaman materi Polimer. Data pemahaman materi Polimer dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran self organized learning environments (SOLE) dapat meningkatkan pemahaman materi polimer siswa kelas X RPL di SMK N 1 Sanden dengan langkah-langkah: (1) Question atau Pertanyaan. Guru memberikan pertanyaan ke siswa melalui format yang berisi pertanyaan yang di bagikan melalui WA group. (2) Investigate atau Investigasi. Siswa melakukan investigasi atau pencarian jawaban lewat internet. Jawaban yang telah diperoleh siswa ditulis dibuku, kemudian difoto dan dishare ke WA guru lewat jaringan pribadi. (3) Review atau Mencermati. Guru melakukan review jawaban siswa dengan cara mengunduh jawaban siswa yang dishare lewat jaringan pribadi. Jawaban siswa yang telah direview dikembalikan ke siswa dengan cara difoto lewat WA jalur pribadi siswa. Penerapan model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) dapat meningkatkan pemahaman materi polimer siswa kelas X RPL di SMK N 1 Sanden dari persentase ketuntasan klasikal 57,89% pada siklus I, menjadi 73,68% pada siklus II dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian.
- This study aims to 1) Obtain an overview of the application Self organized learning environments (SOLE) learning model to improve student’s of Grade X RPL SMK N 1 Sanden understanding about polymer material, 2) To improve student’s understanding about polymer materials through the application of SOLE learning models.This study used a classroom action research approach, consisting of two cycles, each cycle consisting of three meetings. The data collection technique uses tests, which are used to retrieve data about the materials. It was analyzed using quantitative descriptive analysis. The results showed that the application of SOLE learning model improve student’s understanding with the following steps: (1). Questions. Teacher gives questions which are shared through WhatApps group, (2) Investigation. Students carry out investigations for answers through internet, (3) Review. Teacher reviews it by downloading the answers that are shared through WhatApps. Student answers that have been reviewed are returned to students by being photographed through student's private line. The application of SOLE the learning model able to improve student’s understanding of polymer material from a percentage of classical completeness of 57.89% in cycle I to 73.68% in cycle II and have achieve indicators of the success of the action.
