Penerapan Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Topik Kegiatan Ekonomi

Main Author: Wardayadi, Wardayadi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta , 2021
Subjects:
Online Access: https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/252
https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/252/225
Daftar Isi:
  • Riset ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan prestasi belajar topik kegiatan ekonomi siswa kelas X IPS 1 di SMAN 1 Bambanglipuro tahun ajaran 2020/2021. Selain itu juga untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan model mind mapping dalam meningkatkan prestasi belajar topik kegiatan ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Model Penelitian Tindakan Kelas ini memakai model Kemmis McTaggart dan dijalankan dalam 2 siklus. Prinsip utama model ini adalah memberikan tindakan dalam siklus bertahap, di mana terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Alat pengumpul data yang dipakai adalah observasi kelas, tes prestasi belajar, dan studi dokumentasi. Observasi dilaksanakan langsung pada proses tindakan. Analisis data menggunakan analisis secara diskriptif analitik dengan penyajian tabel-tabel dan persentase. Penyajian data bentuk persentase selanjutnya didskripsikan dan diambil kesimpulan. Hasil riset ini menujukan penerapan model pembelajaran mind mapping dapat menaikkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi terlihat pada siklus I ada 14 siswa (51,58%) yang nilainya  atau nilainya sudah KKM dan pada siklus II ada 24 siswa (88,89%) yang nilainya  atau nilainya sudah KKM maka peningkatan ketuntasan belajar sebesar 37,04% dan peningkatan rerata prestasi belajar siklus I ke siklus II sebesar 14,81 yaitu dari nilai rerata 62,04 pada siklus I menjadi nilai rerata 76,85 pada siklus II. Hasil Afektif siswa juga naik yakni siklus I hanya kategori cukup dan pada siklus II menjadi sangat baik.
  • The purpose of this research is to determine the application of the mind mapping learning model in improving the learning achievement of economic activity topic in class X IPS 1 students at SMA Negeri 1 Bambanglipuro in the 2020/2021 school year. In addition, it is also to determine the learning implementation process that applies the mind mapping model in improving learning achievement of economic activity topic. This research is a qualitative study using Classroom Action Research techniques. This Classroom Action Research Model uses the Kemmis McTaggart model and is implemented in 2 cycles. The main principle of this model is the provision of action in a gradual and continuous cycle in which there are four main stages of activity, namely planning, action, observation, and reflection. The data collection tools were used classroom observation, learning achievement tests, and documentation study. Observations are carried out directly in the action process. Data analysis used analytical descriptive analysis with the presentation of tables and percentages. Presentation of data in the form of percentages is then described and conclusions are drawn. The results of this study indicate that the application of this mind mapping learning model can improve student achievement. The increase in achievement can be seen in cycle I, there are 14 students (51.58%) whose score is ≥70 or the value is KKM and in cycle II there are 24 students (88.89%) whose score is ≥70 or the value is KKM, so the increase in learning completeness is 37,04% and the average increase in learning achievement from cycle I to cycle II was 14.81, from an average value of 62.04 in the first cycle to an average value of 76.85 in the second cycle. Student affective results also increased, namely in the first cycle only the category was sufficient and in the second cycle it became very good.